Artikel

Cara Cepat Menaikkan Omzet Toko Online Anda di Instagram

Cara Cepat Menaikkan Omzet Toko Online Anda di Instagram

Instagram adalah jejaring sosial yang pada awalnya diciptakan sebagai tempat untuk berbagi foto bagi para pencinta fotografi mobile. Hobi fotografi sering dianggap sebagai hobi yang mahal karena harus membeli perangkat kamera yang mahal dan belum lagi dibutuhkan skill fotografi yang mumpuni. Sejak keberadaan ponsel berkamera, kegiatan fotografi bisa dilakukan dengan mudah dan bahkan anda tidak perlu mempunyai kamera high end dengan harga yang sangat mahal. Anda cukup menggunakan kamera yang telah tersemat pada smartphone untuk mengambil foto dan lalu menguploadnya melalui aplikasi Instagram.

Foto yang terunggah semakin lama semakin banyak. Instagram semakin disukai oleh orang yang gemar memotret dan pada akhirnya justru menjadi ajang untuk berjualan online. Jika kita cermati, akun Instagram bagaikan sebuah etalase toko yang digunakan untuk mendisplay produk. Meskipun gambar yang diupload tidak terlalu besar namun sudah jelas terlihat melalui layar handphone. Para penjual yang tidak ingin ditinggal konsumen yang jenuh dengan jejaring sosial lama akhirnya juga membuat akun Instagram untuk menampilkan deretan produk yang mereka jual. Promosi gratis ini bisa dilakukan dengan mudah oleh setiap penjual.

Karena merupakan aplikasi untuk mendukung fotografi, Instagram juga dilengkapi dengan beberapa fitur editing foto yang disebut filter. Gambar yang awalnya biasa-biasa saja dan diambil dengan kamera seadanya bisa disulap menjadi lebih baik. Namun fitur ini bisa menjadi boomerang jika digunakan secara berlebihan pada foto barang dagangan akan terlihat berbeda dari aslinya sehingga justru akan membuat pembeli merasa kecewa setelah menerima barang tersebut.

Instagram semakin populer dan penjual online yang menggunakannya juga semakin banyak. Untuk mendapatkan omset penjualan yang melimpah, berikut ada beberapa cara yang bisa anda praktekkan:

  • Tidak selalu menampilkan foto produk,
  • Memberikan gambar cantik namun tidak menipu,
  • Komunikasi dua arah dengan calon pembeli,
  • Meminta testimonial asli,
  • Kontes,
  • Promo,
  • Menggunakan sistem endorsement,
  • Memiliki akun toko online di banyak situs jejaring sosial.

Sebuah toko online yang berbasis di Instagram memang selalu berfokus pada gambar produk yang ditawarkan kepada para follower akun tersebut. Teknik promosi ini memang tidak pernah salah namun setidaknya berilah sesuatu yang baru kepada follower anda dan masih ada kaitannya dengan barang yang anda jual. Contohnya jika anda adalah pebisnis online yang berfokus pada barang fashion khusus wanita, maka anda dapat membuat tips memadupadankan baju atau memilih model baju sesuai dengan postur tubuh. Tips ini akan membuat para follower memberikan perhatian lebih kepada toko anda. Jadi jangan hanya menjual saja tetapi cobalah untuk memberikan pengetahuan tambahan tentang barang yang anda jual.

Gambar menjadi senjata seorang pebisnis di Instagram. Gambar yang cantik tentu akan membuat apra follower terkesima. Untuk mendapatkan foto yang indah, gunakan latar belakang yang menarik dan ambillah gambar di luar ruangan untuk memberikan kesan alami. Untuk barang yang bisa dipakai seperti baju, celana atau rok, gunakanlah model yang menarik. Sesuaikan pakaian yang dikenakannya dengan bentuk tubuh model tersebut sehingga produk anda terlihat menarik. Pengambilan gambar juga diusahakan menggunakan kamera digital yang baik sehingga hasilnya jernih. Manjakan para follower anda dengan foto yang memukau agar mereka terdorong untuk membeli produk tersebut.

Usahakan untuk selalu menjalin komunikasi dengan para follower anda. Jangan segan untuk menyapa follower yang memberikan like kepada foto atau video yang diposting. Perhatian kecil ini bisa menjadi bentuk apresiasi yang membuat para follower merasa tersanjung. Jika ada pertanyaan tentang barang dagangan anda, jawablah segera dengan kata-kata yang sopan. Anda mungkin akan menemukan seorang follower yang kesulitan untuk menemukan barang yang diidam-idamkannya. Agar dia merasa senang, cobalah untuk membantunya dengan menawarkan barang-barang yang lain.

Testimonial merupakan saran, tanggapan, atau kesan seorang konsumen setelah memberi suatu barang. Mintalah testimonial ini langsung kepada pelanggan anda. Jangan mencoba untuk menipu pembeli dengan membuat testimonial palsu apalagi jika anda mengambilnya dari tempat lain. Jika pembeli mengetahui hal itu, mereka tidak akan lagi menaruh kepercayaan terhadap toko anda. Ada beragam cara untuk memberikan testimonial dan agar tidak lupa, mintalah segera setelah barang yang anda jual sampai ke pembeli. Beberapa bentuk testimonial yang bisa diberikan diantaranya:

  • Pesan singkat,
  • Rekomendasi toko dan produk,
  • Foto dan kesan pembeli,
  • Video pendek.

Kontes adalah cara untuk menarik perhatian para follower. Untuk melakukan strategi ini, anda harus memiliki konsep yang jelas, hadiah, dan penilaian yang obyektif. Aturan yang jelas harus disusun sebelumnya agar tidak ada orang yang merasa tidak adil atau memicu keributan. Jika memungkinkan ambillah juri yang profesional seperti pengamat fashion. Buatlah sebuah kontes yang berkaitan dengan produk anda. Ada banyak hadiah yang bisa diberikan kepada pemenangnya. Beberapa macam hadiah yang bisa anda pilih diantaranya:

  • Voucher belanja di toko online,
  • Produk giveaway,
  • Potongan harga,
  • Goody bag,
  • Perlengkapan digital.

Promo memiliki fungsi yang hampir sama dengan dengan kontes yaitu untuk membuat orang tertarik dengan toko online di Instagram. Bedanya adalah pada promo ini tidak ada pemenang dan dilaksanakan pada jangka waktu tertentu. Promo yang paling sering dilakukan oleh toko online contohnya potongan harga atau gratis pengiriman jika menjadi pembeli ke sekian atau mendapatkan produk gratis setelah membeli sejumlah barang. Semua orang menikmati barang-barang gratis dan anda dapat memanfaatkan cara ini. Margin keuntungan yang anda dapatkan mungkin tidak terlalu besar namun efek promosi dari mulut ke mulut akan anda dapatkan dengan mengadakan promo ini.

Sistem endorsement dipakai apabila anda memiliki jaringan pertemanan yang cukup luas dengan public figure. Apabila anda tidak mengenal satupun artis, anda tetap bisa menghubungi mereka melalui manajer atau akun jejaring sosialnya meskipun mungkin anda akan mendapatkan respon lambat. Anda dapat membuat kesepakatan dengan seorang artis untuk mempromosikan toko anda. Ada biaya yang perlu anda keluarkan pada sistem ini yaitu berupa barang. Produk ini akan diberikan gratis kepada artis dan mereka akan mengenakan sambil ber-selfie ria di depan kamera. Foto akan diupload sekaligus tag yang menuju toko anda.

Anda harus memiliki lebih dari satu akun jejaring sosial yang dipakai untuk memasarkan produk anda. Agar lebih efisien sebaiknya anda menautkan beberapa jejaring sosial tersebut agar apa yang anda update pada salah satu jejaring sosial bisa tampil di akun yang lainnya. Cara ini akan lebih menghemat waktu dan tenaga anda karena anda tidak perlu mengupload foto atau video yang sama. Cukup upload satu kali untuk memberitahukan kepada seluruh follower bahwa anda memiliki produk terbaru.

Sumber : http://blog.shopious.com/cara-cepat-menaikkan-omzet-toko-online-anda-di-instagram/

Pemesanan SMS / Telepon ke Dyah – 085780480298, Pin BB 283734e6
Pin dapat dikirim ke seluruh Indonesia,
Workshop terdapat di Bogor dan Depok

Drop a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *