Artikel

Fokus Pada Satu Kelebihan Anda

Ketika saya membaca sebuah blog ww.youngontop.com, saya menemukan sebuah tulisan ini. Suatu tulisan yang menginspirasi sekali.
Ketika di sekolah, banyak anak-anak yang berlomba menjadi ranking 1 atau menguasai semua hal. Namun saran dari Ayah seorang Billy Boen adalah, kamu tidak perlu ranking 1, yang penting punya banyak teman.  Tapi ketika duduk di bangku SMA, beliaupernah ranking 1, dan sempat 3 besar terus hingga lulus. Ketika saya ranking 1 pun, saya sendiri tidak menyangka. Karena apa? Karena memang beliau tidak pernah menargetkan diri saya untuk ranking 1.
Untuk perbandingan saja, murid-murid yang bersekolah di sekolah internasional tidak diberikan ranking. Mereka tidak dibandingkan satu sama lain. Sistem pendidikannya membandingkan kemampuan si murid dengan potensi yang dimiliki si murid tersebut. Bukan membandingkan dia dengan teman-temannya. Dan hampir di semua tugas yang diberikan, tugas-tugasnya adalah tugas kelompok, bukan tugas individu. Sistem pendidikan seperti ini lebih menyiapkan si murid untuk menghadapi kehidupan yang sesungguhnya nanti. Ya, di dalam hidup ini ada kompetisi. Tapi yang lebih penting adalah kerja tim (kolaborasi). Ketika Anda bekerja di sebuah perusahaan, bukan Anda seorang diri yang harus bertarung menghadapi perusahaan lain loh. Anda harus bisa bekerja sama dengan rekan-rekan kerja yang ada di perusahaan tempat Anda bekerja, untuk supaya bisa mengalahkan penjualan perusahaan kompetitor.
Ia mengatakan bahwa kita semua harus punya mimpi, cita-cita. Bagaimana cara bermimpi yang ‘benar’? Pertama, Anda harus bermimpi untuk mencapai sesuatu yang Anda cintai. Misalnya Anda suka makanan, mungkin mimpi Anda adalah untuk membuka restoran. Kedua, Anda harus mengenali diri Anda, sehingga ketika Anda bermimpi, mimpi Anda sesuai dengan kelebihan dan kekurangan diri. Bermimpilah sesuai dengan kemampuan diri. Saya pandai bernyanyi, bermimpilah untuk menjadi penyanyi yang sukses.
Ketiga, bermimpilah yang besar. Kalau bisa punya 10 restoran, kenapa harus puas dengan hanya memiliki 1 restoran?
Kita tidak bisa mencapai semua yang kita impikan. Tapi ingat, kita juga tidak akan pernah mencapai yang tidak pernah kita impikan. Miliki target yang ingin dicapai sebanyak-banyaknya. Karena inilah yang membuat hidup ini ‘seru’.
Kita tidak perlu menguasai semua bidang. Intinya adalah kita harus mengenali diri kita sendiri. Minat kita apa, kelebihan dan kekurangan kita.
Kalau bisa sukses di beberapa bidang, kenapa membatasi hanya di satu bidang?
-PS-


BB
(Sumber: KORAN SINDO rubrik “Semangat Baru with Young On Top” tanggal 20 September 2013)
Pesan PIN Tetap di www.PusatPinIndonesia.comsaja
Sms/Phone ke 0857 8048 0298 (Dyah)
PIN BB 2837 34 E 6

Drop a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *