Artikel

KREATIF woiiii jangan KONYOL

Di era ekonomi citra sekarang ini, brand menjadi aset terpenting yang memukau konsumen dan menentukan sukses atau gagalnya perusahaan. Tak heran, brand-brand kuat menjadi rebutan pebisnis dan diperjualbelikan sebagai jalan pintas meraih sukses. Bahkan ada juga yang mencontek, menjiplak, atau sengaja membuat merek mereka semirip mungkin dengan para competitor mereka yang unggul.
Saya mengalami langsung kalimat yang ditulis terakhir. Baru-baru ini saya mendapat BBM dari seorang teman yang memberitahukan bahwa ia menemukan sebuah website dengan alamat –disamarkan-.blogspot.com.jasa pembuatan pin. Seketika saya kaget dan langsung menghubungi tim managemen dari pusat pin dan ternyata tak ada satupun dari anggota tim yang membuat website –disamarkan-.blogspot.com.

Kemudian saya cek langsung ke TKP dan ternyata web tersebut benar-benar mirip namanya hanya menambahkan (dot)blogspot(dot)comsaja dan jenis usahanya juga sama. Jelas sekali ini bukan faktor kebetulan/ ketidak sengajaan karena website www.pusatpinindonesia.comsudah mengudara sejak tahun 2011 lalu.

Seketika saya teringat ”What is in a name?” begitu penggalan ucapan William Shakespeare yang paling banyak dikutip. ”Mawar tetaplah harum meski namanya diganti dengan apa pun,” lanjut pujangga Inggris ini. William keliru besar. Mawar memang tetap harum seandainya namanya diganti. Namun, yang dicari orang adalah mawar – bukan bunga yang beraroma harum, berwarna indah, dan memiliki kelopak berlapis-lapis. Mawar sudah menjadi representasi dan asosiasi dari keharuman dan keindahan itu sendiri. Jika namanya diganti, para pecintanya akan menampik dan berpaling darinya.

Nama, brand atau merek adalah representasi dan asosiasi sebuah produk – baik mutu, harga, nilai, maupun gengsinya. Sepotong nama ini bisa berarti banyak. Brand adalah pukau, daya pikat, pesona sekaligus pembeda produk yang satu dari yang lain. Brand inilah yang memikat orang hingga mengagumi, memburu dan membeli sebuah produk atau karya. Tanpa brand yang menancap kuat di benak konsumen, sebuah produk hanyalah komoditas yang dihargai rendah meski mungkin dari sisi fungsional manfaatnya sama.

Brand menjembatani janji perusahaan kepada konsumennya. Alangkah bijaknya jika kita sebagai pengusaha dapat melakukannya dengan kreatif dan cerdas tanpa harus menduplikasi dengan konyol dan memalukan. AR

Pemesanan Pin Hubungi Dyah – 085780480298
Twitter : @pusatpinindo
Instagram : #pusatpinindonesia

Pin dapat dikirim ke seluruh Indonesia,
Workshop terdapat di Bogor dan Depok

Drop a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *