Artikel

Online marketing untuk UKM

http://www.marcom-mall.co.il/_Uploads/dbsArticles/hackeru-image(1).jpg

Online marketing untuk UKM kini bukan hal yang aneh, terutama karena makin banyak orang yang aktifitas hariannya banyak berhubungan dengan dunia maya.Dengan melimpahnya sarana pemasaran online seperti blog, situs, komunitas dunia maya, forum dan jejaring sosial, anda bisa bebas menentukan metode pemasaran online yang paling tepat.

Akan tetapi, salah satu kesalahan mendasar yang sering dilakukan oleh pemilik usaha kecil yang mencoba menggunakan strategi pemasaran online adalah beranggapan bahwa asal sudah membuat akun Facebook, Twitter atau blog untuk promosi, ya sudah. Akibatnya, usaha kecil tersebut tetap tidak berkembang walaupun berbagai sarana pemasaran online sudah dicoba. Agar usaha kecil bisa berkembang, pemilik UKM tetap harus melakukan strategi khusus dalam online marketing untuk UKM. Strategi ini tentu belum serumit perusahaan-perusahaan besar yang sudah memiliki nama besar dan banyak cabang, namun secara prinsip sama saja.

Berikut adalah langkah-langkah untuk menciptakan sebuah strategi pemasaran online yang utuh untuk mengembangkan usaha kecil dan menengah :

1. Menentukan Target Pemasaran. Dengan mengetahui siapa target strategi pemasaran anda, kelak anda akan mudah menulis materi dan memilih platform pemasaran yang paling tepat untuk membidik konsumen khusus tersebut.

Cara mengetahuinya adalah dengan menyusun daftar karakteristik target pemasaran anda, seperti:

  • • Apakah konsumen anda sebagian besar pria, wanita atau keduanya?
  • • Apakah anda mengincar generasi muda, anak-anak, orang yang lebih tua atau konsumen umum?
  • • Apakah target konsumen anda cenderung ke kelompok menengah ke bawah atau atas?
  • • Apakah target konsumen anda sangat bergantung pada internet atau hanya sekali-sekali saja menggunakannya?
  • • Apakah sebagian besar target konsumen anda memiliki profesi atau tingkat pendidikan tertentu atau umum saja?
  • • …dan lain-lain sesuai dengan karakteristik produk atau jasa anda.

2. Memilih Media yang Tepat. Tadi telah disebutkan bahwa ada beragam sarana online marketing untuk UKM. Akan tetapi, masing-masing metode memiliki tingkat efektivitasnya sendiri untuk masing-masing kelompok target pemasaran yang anda buat. Misalnya, jejaring sosial cocok untuk memasarkan produk yang diarahkan ke generasi muda. Blog atau situs internet cocok untuk kalangan umum dan profesional. Anda pun bisa menggunakan situs baik sebagai sarana soft selling plus pemasangan iklan Google Adsense.

3. Meneliti Kompetitor. Ada baiknya anda rajin berkeliling di dunia maya untuk mengecek keberadaan situs, blog dan akun jejaring sosial dari mereka yang menyelami dunia bisnis atau jasa yang mirip dengan anda. Dengan mengetahui siapa saja kompetitor anda, kelak anda akan mudah menemukan cara untuk menonjolkan keunikan produk atau jasa anda.

4. Menyesuaikan Jenis Strategi dan Anggaran. Online marketing untuk UKM bisa dimulai dengan anggaran yang hampir nol atau dengan sedikit biaya tergantung metode apa yang anda pilih. Membuat akun jejaring sosial atau blog memang gratis, tetapi menggunakan jasa email marketing atau pembuat situs profesional membutuhkan biaya. Pilih mana yang paling sesuai dengan target pemasaran dan anggaran anda.

5. Membuat Konten Bermutu. Pastikan anda membidik setiap aspek yang dianggap penting oleh target pemasaran anda; misalnya, jika anda memulai usaha binatu kilat untuk mahasiswa kos, tekankan bahwa anda bisa membantu mereka yang membutuhkan jasa cuci baju yang cepat tetapi murah. Jika anda membuka usaha pembuatan keripik sayur, pastikan anda menyampaikan bahwa produk anda adalah alternatif makanan ringan untuk yang menggemari gaya hidup sehat. Gunakan gaya penulisan yang membuat calon pelanggan bisa merasa teridentifikasikan dengan produk tersebut, jika perlu dengan bahasa personal.

– See more at: http://menjadiwirausaha.com/cara-menyusun-strategi-online-marketing-untuk-ukm

Pemesanan SMS / Telepon ke Dyah – 085780480298, Pin BB 283734e6
Pin dapat dikirim ke seluruh Indonesia,
Workshop terdapat di Bogor dan Depok

Drop a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *