Artikel

Punk Rock in Badge Button, you ROCK !!

Siapa yang sudah tidak asing mendengar kata punk. Apa itu punk? Menurut literatur yang saya baca punk Rock adalah salah satu cabang genre dari musik Rock, musik punk rock ini muncul pada era 1970’an dengan munculnya band seperti The Clash, Sex Pistols. Kelompok punk sering meniru struktur musik sederhana seperti musik garage rock dari tahun 1960-an. (wikipedia). Punk Rock pada awalnya muncul dari rasa penindasan oleh suatu sistem pemerintahan. Para sekumpulan orang ini merasa tertindas dan ini dapat dilihat dari lirik lagu mereka yang cenderung melampiaskan ekspresi. Punk Rock disebut juga garage rock karena pada awalnya sekumpulan orang memainkan alat musik di garasi rumah mereka dengan nada yang sederhana, yang lebih ditekankan adalah lirik bukan pada teknis yang memusingkan. Selain dari lirik lagu yang bersifat memberontak, punker juga memberontak dalam hal fashion. Sesuatu yang orang lain lihat aneh dan tidak biasa.

Kalian suka melihat ada sekumpulan anak muda di pinggir jalan dengan kostum agak nyentrik, apa ciri khasnya? Ya celana jeans robek-robek, rambut spike atau mohawk, kalung rantai hingga peniti, jaket kulit, kaos dan pin. Berbicara mengenai fashion, punker yang memiliki landasan untuk independen atau Do It Yourself (DIY) pasti memiliki semangat pemberontak yang provokatif. Kalian dapat melihat bahwa gaya berpakain punker ini sangat nyentrik dan kadang orang yang tidak biasa melihatnya sebagai sesuatu hal yang aneh dan menakutkan. Namun jika dilihat bahwa sisi kreatif punker dapat diacungi jempol. Saya saja terkadang suka memperhatikan gaya berpakaian punker saat di jalan. Mereka sangat pintar bereksperimen menggunakan warna yang terang dan aksesoris yang unik.

Hal kreatif tersebut dapat disalurkan dalam media yang tepat dan terlihat sehingga ada interaksi dari orang lain. Salah satu media yang menurut saya tepat adalah pin. Ya pin dengan berbagai bentuk dan ukuran mampu diisi dan ditulis dengan kata kata yang mewakili perasaan para punker yang cenderung untuk melampiaskan perasaan dengan kata kata atau lirik lagu. Sesuai dengan fungsinya yaitu untuk interaksi, pin dapat juga menjadi identitas suatu komunitas dan suatu komunitas pasti memiliki ciri khas tertentu. Hal tersebut dapat dituangkan dalam tulisan yang dipampang dalam pin. Punker yang juga kita mudah kenali dari ciri fisiknya dengan penampilan yang WOW dengan rantai dan sepatu bootsnya, jika dilengkapi dengan pin yang bisa disematkan di jas kulit, dapat menambah modis dan berfungsi menjadi identitas saat nongkrong bersama teman teman dari komunitas yang berbeda. So, buat para punker, put a badge button on your jacket, you rock ! Salam punk dari PusatPinIndonesia.com (ps)

Drop a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *