Artikel

Risk Taker atau Risk Adverser ??

Pemilik bisnis secara alami umumnya adalah seorang pengambil risiko. Seperti yang dikatakan oleh pakar kepemimpinan Steven Mundahl, co-author The Alchemy of Authentic Leadership, mengatakan bahwa batas antara sikap perhitungan dalam mengambil risiko dan sikap gegabah sering kali sulit dibedakan. Dengan memonitor sifat-sifat tertentu, seorang pengambil keputusan bisa lebih mawas diri dan menghindari keputusan yang berpotensi melukai perusahaan, karyawan, dan kesejahteraan. Nah, ini sifat-sifat tersebut:
Pencari sensasi. Orang-orang cenderung mengambil risiko secara ekstrim dalam kehidupan profesional mereka. Mereka bisa juga mencari tantangan atau “rush” dalam bisnis, misalnya dengan melibatkan diri dalam pengambilan keputusan yang tinggi risiko. Tak mempertimbangkan konsekuensi. Mereka yang mengabaikan konsekuensi dari sebuah keputusan cenderung berbahaya daripada mereka yang mengulas semua kemungkinan risiko dan mempertimbangkan secara seksama.
Impulsif. Mereka yang memiliki masalah dengan willpower dan mereka yang cenderung membuat keputusan dengan cepat tanpa riset dan investigasi biasanya cenderung membuat keputusan gegabah daripada mereka yang disiplin.
Menyangkal. Pengambil keputusan yang gegabah memiliki tingkat penyangkalan yang tinggi. Mereka justru mengabaikan kegagalan atau membuat alasan mengapa sebuah keputusan tidak bekerja sesuai harapan. Orang-orang yang bersikap seperti ini cenderung membuat keputusan yang tidak berdasar pada kepentingan perusahaan. Menurut Mundahl sifat-sifat tersebut tidak selalu menjadi indikator bahwa seseorang cenderung gegabah. Namun begitu, mawas diri dan memahami kepribadian diri bisa memberikan pemahaman tentang area-area yang bisa begitu problematik ketika kita dalam kondisi pengambilan keputusan bisnis dan kehidupan pribadi. -PS-

Sumber: Entrepreneur|Editor: Wachid FZ, Ayu| Gambar: saluteafrica
 Pesan PIN Tetap di www.PusatPinIndonesia.comsaja
Sms/Phone ke 0857 8048 0298 (Dyah)
PIN BB 2837 34 E 6

Drop a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *